5 Solusi Menghadapai Masalah ‘Stagnan’ Dalam Bisnis

5 Strategi membuka cabang bisnis
August 18, 2014
5 Poin Utama dalam Bisnis Online
August 20, 2014

 

konten
Perkembangan merupakan salah satu yang harus dicapai dalam sebuah bisnis. Bisnis yang tidak berkembang pada akhirnya terancam tutup karena tertindih perkembangan yang telah dicapai oleh pesaing. Bisnis yang berkembang menandakan bahwa bisnis itu cukup maju.

Tapi nyatanya, perkembangan dalam bisnis tidaklah mudah. Banyak sekali bisnis yang akhirnya mengalami ‘Stagnan’.

Lalu, apakah solusi yang cocok untuk menyembuhkan masalah ‘Stagnan’ dalam bisnis? Check this out!

Re-Marketing Plan

Coba lihat dan kaji lagi marketing plan yang sudah kamu buat. Apakah sudah menggambarkan strategi yang baik? Apakah risetnya cukup? Apakah ada perubahan perilaku konsumen? Apa saja yang sudah competitor lakukan?. Berbagai pertanyaan tersebut harus mampu dijawab dengan baik dalam marketing plan.

Perusahaan harus mampu merevisi marketing plan agar rencana yang akan datang membawa perubahan yang lebih baik, tidak seperti keadaan saat ini.

Efisiensi Sistem

Periksa lagi system bisnis, apakah sudah efisien? Apakah mendorong kreatifitas? Apakah hemat biaya dan tepat guna? Apakah standarisasi sudah dijalankan dengan baik?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin harus benar-benar dikaji ulang dan harus mampu dijawab dengan baik.

System bisnis yang baik akan menghasilkan input-process-output yang baik. Apabila terjadi kesalahan, maka keseluruhan process tersebut bisa terganggu yang nantinya akan menghambat perkembangan perusahaan.

Hire a Right Person

Mungkin perusahaan perlu perubahan yang lebih besar agar dapat berkembang. Untuk itu, rekrutlah orang yang tepat di posisi yang sedang bermasalah saat ini.

Rekrut orang yang punya ide dan visi yang fresh, jangan takut untuk menggaji lebih tinggi dari standar apabila memang dinilai kebijakan ini cukup layak.

Riset

Kunci dalam mengetahui apa sebenarnya masalah bisnis adalah riset. Baik riset internal maupun external, karena masalah mungkin saja tidak hanya dari dalam perusahaan, tapi juga dari luar.

Bila sudah dapat inti dari permasalahan yang menyebabkan perusahaan tidak berkembang, maka kamu akan jauh lebih mudah mengambil langkah strategis selanjutnya.

Plan-Do-Check-Act

Lakukan semua proses diatas secara berkesinambungan, atau istilah umumnya: Plan-Do-Check-Act. Rencanakan, lakukan, evaluasi, dan lakukan lagi.
Bila sebuah masalah sudah dideteksi dengan baik, maka kamu akan lebih mudah dalam menemukan solusi yang tepat untuk masalah bisnis yang sedang perusahaan kamu alami.

Comments are closed.